uyungs

Tujuh Keajaiban Cina

In Uncategorized on Januari 2, 2009 at 9:41 pm

Tujuh Keajaiban Cina dari Kejayaan Masa Lalu

[1]. Yang terdaftar pertama dari 7 keajaiban Cina tentu saja adalah Tembok Besar Cina. Ini adalah salah satu Tujuh Keajaiban Dunia atau the Seven Wonders of the World. Membentang sepanjang 4.000 mil, konstruksi ini adalah satu-satunya struktur buatan manusia di bumi yang dapat dilihat dari bulan. Bangunan ini terletak di Beijing, ibukota Cina.  Sebagai kubu pertahanan, Tembok Besar dibangun dengan mengikuti jalannya puncak pegunungan. Topografi yang dilewatinya sangat rumit, antara lain, gurung pasir, padang rumput dan rawa. Untuk menyesuaikan diri dengan berbagai topografi, pelaksana pembangunan Tembok Besar menerapkan struktur yang luar biasa dan berbeda-beda. Kesemua ini menunjukkan kecerdasan nenek moyang bangsa Tionghoa.
Tembok Besar yang berliku-liku mamanjang menyusuri puncak pegunungan hampir mustahil ditaklukkan oleh musuh pada zaman kuno karena gunung dan lereng yang menjadi dasar tembok itu terlalu terjal untuk didaki. Fungsi Tembok Besar sebagai kubu pertahanan militer sekarang sudah tidak ada lagi, namun keindahan arsitekturnya tetap sangat mengagumkan. Keindahan Tembok Besar tercermin pada kemegahan, kekuatan dan kebesarannya. Melepas pandang dari tempat jauh ke Tembok Besar, tembok besar tinggi yang memanjang selama ribuan kilometer itu tampak serupa naga mahabesar yang menggeliang-geliut menyusuri pegunungan; jika dilihat dari jarak dekat, maka tembok itu penuh dengan daya tarik seni dengan arsitekturnya yang aneka ragam.
Tembok Besar adalah hasil jerih payah yang dibasahi keringat dan darah serta diresapi kecerdasan rakyat Tiongkok pada zaman kuno. Betapa beratnya proyek pembangunan Tembok Besar pada zaman kuno yang masih rendah produktivitasnya memang sulit dibayangkan.

 

Tembok Besar Cina

Tembok Besar Cina

[2]. Berikutnya adalah Kota Terlarang atau The Forbidden City, istana kekaisaran dinasti Cina. Ini adalah istana kuno terbesar di dunia. Membentang lebih dari tujuh juta kaki persegi dan berisi lebih dari 10.000 kamar,bangunan ini berumur lebih dari 500 tahun,dan dibangun untuk menggambarkan kekuatan politik Cina.

Kota Terlarang

Kota Terlarang

[3].Terracotta Warriors digali dan ditemukan pada tahun 1974. Sekarang, menjadi museum yang menyimpan semua oxidising terracottas. Di dekat bangunan ini terdapat makam Kaisar Qin. hingga sekarang banya misteri yang belum terungkap mengenai bangunan ini. Bangunan ini terletak di Xian, Shaanxi, Cina.Terrracotta Warriors dipercaya dibangun untuk menjaga kubu Qin’s.

Patung Prajurit Terrakota

Patung Prajurit Terrakota

 

[4]. Biara Mengawang atau Hanging Monastery yang terletak di Gunung Hengshan, Shaanxi, Cina. Dibangun lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Di bagian samping terdapat jurang yang curam, pada bagian ini bangunan ditahan dengan kayu beams dan dengan struktur yang cukup kuat untuk menahan gempa bumi besar bahkan gempa dahsyat pada tahun 1303.

Biara Gantung

Biara Gantung

[5]. Patung Buddha Leshan berlokasi di Leshan, Sichuan, Cina. Patung Buddha terbesar di dunia, patung ini diukir oleh rahib Buddha lebih dari 1000 tahun.butuh waktu 90 tahun untuk menyelesaikannya. Patung ini mempunyai tinggi 233 kaki dan lebar 90 kaki.

Patung Buddha Raksasa

Patung Buddha Raksasa

[6]. Gunung Wudang, terletak di Wudang, Hubei, Cina. Di lereng Gunung Wudang terdapat pagoda, istana dan jembatan yang sangat spektakuler, selain juga termasuk kota keramat bagi negara Cina. Daerah ini juga dikenal sebagai negara asal  Kungfu Tai Chi dan  Kung Fu Wudang.

Istana Gunung Wudang

Istana Gunung Wudang

[7].Temple Zhai Shi Bao. Terdapat struktur bangunan yang tinggi menjulang 56 meter dari pinggang hingga puncaknya di tepi Sungai Yangtze bernama Shi Bao Zhai. Shi Bao Zhai dibangun pada pemerintahan Kaisar Kangxi dari Dinasti Ch’ing (1644 – 1911). Struktur menara terdiri dari pintu gerbang, tubuh menara dan bagian atas merupakan candi,Istana Tianzi, menara dibangun sesuai dengan sifat elemen gunung dengan arsitektur dan desain yang unik dan khusus. Menara bergantung pada ketinggian puncak; tangga adalah satu-satunya cara untuk mendaki puncak. Bangunan seperti bentuk kerucut, menara tangga makin menyempit semakin anda naik ke Istana Tianzi. Memandang dari bagian atas menara, pelancong akan tercekat oleh pemandangan aliran sungai yang berkelok-kelok tak ada habisnya, sebuah pemandangan yang indah di depan mata. Berkat desain luar biasa, menara ini disebut-sebut sebagai salah satu dari delapan struktur bangunan yang paling ajaib di dunia.

pagoda zhai shi bai

pagoda zhai shi bai

  1. kalau hp china termasuk keajaiban tdk ya.hehe.

  2. kalo forbidden city,, emang bagus.. saya udah pernah ke sana..

    btw,, temple of heaven gimana tuh? bagus juga loh..😉

  3. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://berita-dunia.infogue.com/tujuh_keajaiban_cina

  4. keren banget bo…

  5. jah borobudurna mana pak

  6. sory salah baca maklum bangun tidur :)) di cina yak …. xixixixixixi

  7. Keren-keren emangnya, mungkin mbuatnya pake kungfu😀

  8. keren, ajaib, luar biasa, kapan ya bisa kesana tuk liat langsung.

  9. Di indonesia juga di publish nape bang ,,,kasian negara kita nih

  10. cina emang okeh…

  11. gak salah my idol (Muhammad SAW) nyuruh kita nyari ilmu sampai ke negeri china …. ha iya china emang okeeeeeeh

  12. giLa. . .
    kerenz cuY. . .

  13. mantep tuh ………………
    coba w bs bkn !!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: